Home » , , » ZUPPA MOBILE: Penganan Itali ada di Galaxi Bekasi

ZUPPA MOBILE: Penganan Itali ada di Galaxi Bekasi

Written By Blogs owner SidikRizal on Thursday, July 2, 2009 | 6:20 PM

Rasa Resto Hotel Maharaja, Harga Mahasiswa


Bekasi, dobeldobel.com
Berjalan-jalan di area komplek perumahan dan ruko wilayah Bekasi, maka kita tak akan menjumpai tempat yang sepi dengan wisata jajanan kuliner. Ambil satu contoh wilayah Taman Galaxi, sebagai satu tempat yang masuk kategori komplek perumahan kelas menengah atas hampir berjejer lebih dari seratus wisata jajanan mulai dari yang kaki lima (mobile) hingga yang resto cukup mewah.

Di satu ujung jalan taman Galaxi banyak sekali jajanan mobile (kaki lima) mulai dari yang terwarawalaba hingga yang biasa saja. Bila anda beruntung, ada satu jajanan kuliner yang menyajikan makanan khas Itali dengan harga tak mencekik dompet. Ada satu tempat makan yang sebenarnya bersifat drive thru (lebih akrab dikenal dengan mampir sejenak untuk pemesanan) yang dikenal dengan merk Zuppa Mobile. Di sana anda bisa jumpai satu sajian populer dari Itali, Zuppa di samping makanan lainnya yang ada, Lasagna.

Umumnya kita sudah mengenal makanan khas Itali seperti Pizza, Spaghetti, Lasagna, serta Croissant maka Zuppa termasuk kategori penganan terpopuler di negeri asalnya Menara Miring Pisa ini. Uniknya penganan ini buat anda yang belum mengetahui adalah, sejatinya Zuppa berarti sup dalam bahasa Itali. Namun dalam penyajiannya, Zuppa asli khas Itali di atasnya dihias topping roti jenis croissant. Bungkus roti puff pastry yang dipanggang bersamaan dengan mangkok berisi kuah sup cheesy yang kental dan lezat ini tersaji matang bersamaan, sehingga para penikmat bisa langsung mencicipi fresh from the oven.

Hmmm, panas-panas tersaji bisa anda nikmati di atas kendaraan anda atau duduk di bawah tenda kaki lima Zuppa Mobile yang memang disediakan bagi mereka yang lelah berjalan-jalan. Menurut pemilik dan pengelola usaha kuliner, Oni, sebenarnya penganan Zuppa sering disebut orang salah kaprah dengan sebutan zuppa soup, padahal zuppa sendiri artinya bahasa Itali adalah sup, jelasnya sambil tersenyum dan menawarkan saya setangkup Zuppa andalannya, juga setangkup Lassagna yang aromanya begitu tajam menggoda. Dari tampilannya saja saya menduga bahwa Lassagnanya begitu banyak cincangan beef serta beckamel. Hmmmm Yummy.

Bagi saya yang baru pertama kali merasakan Zuppa, memang terasa aneh apaplagi ketika saya memotong dan mencungkil puff pastry di mangkup sup dan ternyata di dalamnya sup panas kental beraroma keju dan rempah-rempah harum. Baru mencium saja, sudah terbit air liur saya. Saat saya suap ke mulut maka yang terasa adalah sensasi renyahnya croissant dan lezatnya sup keju yang masnis, gurih dan lezatnya, nyaris seperti susu. Yummy....!

Saya jadi ingat sebuah lagu populer saat menikmati Zuppa.... Apa ya bunyinnya... oh iya "Zuppa.... Zuppa, Zuppa... Zuppa syairnya.... Ingat.... ingat, ingat, ingat... hanya ingat kuncinya...... Ce... A minor, D minor, ke Ge, ke Ce lagi....!" hahahahaha! Maklum begitu merasakan nikmatnya Zuppa, saya jadi nggak sama makanan lainnya...

Di samping penganan khas berupa sup terbungkus roti puff pastry, Zuppa Mobile menyajikan Lasagna ukuran mini sekali lahap. Dengan mangkuk alumunium foil tersaji panas-panas dari oven dengan taburan beckamel (sejenis keju campuran yang tersaji dalam bentuk lelehan), daging sapi dan bumbu rempah yang begitu terasa nimat di lidah. Terutama asamnya tomat sehingga membuat tangan gak bisa berhenti menyuap hingga tuntas. Nggak percaya, kunjungi saja Zuppa Mobile di bilangan Galaxi Bekasi, atau telp 021.9366.0418 untuk pengiriman. Tapi saya sarankan anda lebih baik mengunjungi tempat outlet Zuppa Mobile di sana. Karena di samping sajian Zuppa atau Lasagna dalam keadaan panas-panas, Anda juga bisa berbincang-bincang dengan sang pemilik tentang segala hal mengenai penganan Itali ini.

Menurut Oni, istri dari Bambang, pegawai Departemen Perhubungan ini, dia sering sekali menerima pesanan di satu hotel Mewah berbintang empat untuk menyediakan zuppa dalam jumlah banyak. Dan tentunya untuk event-event acara khusus, dan istimewanya, Zuppa selalu disajikan paling akhir, karena menurutnya yang paling sering dicari serta diserbu oleh para tamu adalah penganan Itali ini lebih dahulu dibandingkan yang lain. Waduh... buruan harus ngejar ke dapur neh, kalau perlu... biar nggak kehabisan.

Akhirnya, sambil mengenang lagu Band terkenal, "Kuburan", nikmati saja "Zuppa.... Zuppa, Zuppa, Zuppa makannya....!"
(Sidik Rizal)

2 komentar:

Freakozoid said...

Yummy and Tasty: Zuppa Soup

Semangkuk Zuppa Soup konon dapat membuat jiwa yang resah menjadi tenang. Apalagi kalau Zuppa Soup buatan sendiri ...

@tea's Place said...

Menbu Rahasia Zuppa Soup

Description:
Salah satu yang masuk dalam list "must try"

Udah beli pastry-nya....mangkuknya belum dapet. Akhirnya selasa lalu dapet juga mangkukny. Trus tadi malem dicoba buat deh....lumayan buat tambahan tenaga aa yang lagi UAS.

Biasanya sih ngak pake takaran/ukuran...pastry-nya bisa beli di Titan (kemarin dapet di Gading) atau di Carrefour (bagian bakery). Isi sup juga bisa pakai sup instan...
Sebenarnya gampang tapi buat aku butuh tekat yang kuat untuk membuatnya hehehe

Resep dibawah ini ukuran yang aku buat tadi malam untuk 4 mangkuk

Ingredients:
Puff pastry (1 lembar, potong dari kurleb 6 lipatan)
100gr daging ayam rebus, potong kotak
50gr jagung pipil beku
1/2 bawang bombay dicincang
3siung bawang putih, cincang
25gr terigu
100gr susu dancow bubuk full cream + 500ml air kaldu (bisa pakai susu cair dengan ukuran yang sama)
2sdm minyak goreng
garam, gula sesuai selera
1/4 sdt lada & pala bubuk
1 kuning telur untuk olesan


Directions:
1. Tumis bawang bombay sampai transparan, masukan bawang putih tumis sampai harum
2. Masukan terigu aduk rata
3. Tuang susu cair, aduk rata agar tidak bergerindil
4. Masukan sisa bahan
5. Bumbui sesuai selera
6. Potong puff pastry lebihan sedikit dari ukuran mangkuk
7. Rekatkan sedikit bagian puff pastry dipinggir mangkuk sebagai pegangan penutup...lalu tutup mangkuk yang telah diisi sup dengan pastry penutup
8. Oles dengan kuning telur, tabur dengan biji wijen hitam/poppy seed
9. Panggang dalam oven yang telah panas (180derajat) selama 20menit
10. Siap dihidangkan

Chat Box dengan Kami

Follow by Email

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. Global Bekasi - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger