Sate Batibul Bang Firman Pondok Kelapa

Tuesday, July 27, 2010

YANG MUDA ENAKNYA DI MADU dengan TEH POCI
Gak Empuk Gak Usah Bayar

Pondok Kelapa - www.kulinerkuliner.com
Memburu makanan yang dibuat dari daging hewan memang banyak seninya. Biasanya masyarakat kita sangat menyukai daging sapi, daging ayam atau daging kambing di samping ikan-ikanan. Daging kambing sangat terkenal baik untuk panggang, bakaran, sop maupun sate dan tongseng. Bicara masalah sate kambing maka yang terbayang adalah Sate Blora, Sate Solo atau Sate Madura juga Sate Tegal.
Namun yang paling membedakan dengan sate kambing dari Tegal bila dibandingkan sate kambing daerah lainnya adalah karena umumnya usia kambing yang dipakainya. Sate Kambing khas Tegal kerap menggunakan kambing muda yang berusia bulanan.

Sate Kambing Muda Batibul Bang Firman adalah sate kambing muda asli khas Tegal. Sang pemilik, bang Firman mengungkapkan bahwa di Tegal sendiri nama sate kambing muda sudah demikian populer. Makanan sate kambing muda ini sudah begitu merakyat dan tak mengenal kelas. Mulai dari tukang becak, pegawai pemda, kantoran hingga pejabat terbiasa menikmati sate kambing sebagai makanan dan jajanan favorit mereka sehari-hari.

"Bahkan ada satu rumah makan sate kambing muda milik uwak (paman) saya di Tegal yang selalu ramai pada hari-hari libur dan juga hari raya," papar lelaki yang akan beranak 2 ini. "Jangan heran bila di tempatnya itu juga penuh dengan mobil-mobil dengan plat nomor luar kota, termasuk Jakarta. Dan biasanya mobil-mobil kelas menengah atas" imbuh lelaki bernama lengkap Firman Hakim tentang usaha Uwaknya yang telah berdiri sejak tahun 1994 saat dimana ia masih duduk di bangku SMA.

Karena usaha berdagang sate sudah menjadi usaha keluarga yang turun temurun, akhirnya Firman mulai bekerja ikut Uwak semenjak tahun 2003. Setelah bekerja beberapa tahun dengan pamannya di Tegal, dia mulai beranikan diri untuk membuka usaha sendiri dengan menyewa sebuah ruko tak jauh dari tempat pamannya itu. Sementara pamannya jatuh bangun membangun usaha resto sate kambing mudanya di beberapa kota seperti Semarang, Cilacap. Tapi kesuksesan baru di dapat saat buka ruko di Jakarta, tepatnya Kelapa Gading. Semenjak 2007, Sate Batibul Bang Awi berdiri hingga kini. Semenjak itu pulalah beberapa stasiun televisi swasta meliput usaha rumah makannya.

Kesuksesan pamannya memberi inspirasi Firman untuk membuka sendiri RM Sate Kambing Muda Batibul. Pilihan lokasi jatuh ke Pondok Kelapa (Gak tahu satu kebetulan sama-sama tempatnya menggunakan nama kelapa, hokinya kali yah?). Di samping ada beberapa resto sate kambing lainnya yang sudah ada, tapi sate Tegal khusus menyajikan kambing muda, Firman melihat belum ada yang buka. Maka pada awal Januari 2010 dia mulai meluncurkan RM Sate Kambing Muda Batibul Bang Firman Pondok Kelapa.

Lalu darimana nama Sate Batibul sendiri berasal? Lelaki kelahiran Tegal, 30 Mei 1975 ini menceritakan bila sebelumnya, sang paman memiliki nama yang mirip dengan nama restoran sate Balibul yang telah buka lebih dahulu di Tegal. Maka setelah mengalami klaim dari sang pemilik merk Balibul, bergantilah namanya menjadi RM Sate Kambing Batibul. Bila Sate Kambing Balibul berarti kambingnya berusia di bawah lima bulan (Red: bukan balita! emangnya sapi?), maka nama Sate Kambing Batibul jadi pilihan yang artinya sate kambing umur BAwah TIga BULan.

Karena kambing yang masih berusia bawah tiga bulan ini, maka satenya sangat empuk. Wajar saja bila Bang Firman berani memasang klaim, "Kalau gak empuk, jangan bayar!" Dan yang lebih unik lagi adalah rasa sate kambingnya yang sangat gurih serta masih terasa susunya. "Maklum saja, karena kambingnya masih berusia di bawah tiga bulan, Mas!" jelas lelaki berjenggot ini.  "Jadi umumnya kambing muda ini masih menyusu pada induknya," imbuhnya lagi. Tampaknya bukan saja daging empuk, tapi rasanya begitu lembut sekaligus sangat "juicy" bersensasi susu.

Yang lebih istimewa lagi dibandingkan dengan RM Sate Batibul Bang Awi Kelapa Gading adalah, Sate Kambing Muda Batibul Bang Firman ini menggunakan madu hutan Kalimantan. Jadilah Sate Kambing Muda Madu (Jangan salah baca jadi Kambing Mudanya Dimadu ya!) Semakin mantap dan nendang rasa daging kambing mudanya. Untuk kecapnya khusus pula didatangkan dari Tegal, yakni Kecap Cap Tomat Lombok. "Kecap ini yang pas buat sate Tegal, sedang kecap merk lain rasanya nggak pas di lidah kebanyakan penggemar sate Tegal," jelas Firman berpromosi.

Melihat campuran madu dan kecap di bakaran sate-satenya, terbayang bagaimana sensasi rasanya. Jadi setiap bakaran tusuk sate kambing muda, diolesi dengan madu hutan Kalimantan. Rasa gurih, empuk dan manisnya madu bercampur dengan pedasnya saus kecap, cabe rawit dan potongan bawang merah plus tomat. Tak perlu kuatir dengan kolesterol jahatnya, karena sate kambing muda khas Tegal terkenal tidak membuat tensi bertambah. Apalagi dengan tambahan madu. Anda juga bisa meminta agar sate kambing muda bercampur lemak, karena rasa susunya jauh semakin lezat.

Untuk menjaga kualitas daging kambing mudanya, Firman mengaku terpaksa sementara waktu ini mensuplai dari Tegal langsung. "Saya belum berani mengambil daging kambing dari peternak di Jakarta," ungkapnya tentang bagaimana usahanya menjaga kualitas dan ketersediaan stok daging kambing muda. Itulah sebabnya ia bisa pulang ke Tegal sebulan dua kali untuk mengambil dan mencoba sendiri daging kambing mudanya. "Bila saya coba sayat daging kambing yang telah dipotong kemudian saya bakar sebentar dan saya coba makan. Bila empuk, maka langsung saya bawa ke Jakarta dalam kondisi beku," rincinya kepada kelanakuliner.

Petualangan kelana kuliner kali ini juga bukan tanpa masalah. Karena selama menikmati sate kambing muda yang berusia di bawah tiga bulan ini, jadi timbul pertanyaan di hati. Bagaimana sih hukumnya dalam ajaran agama Islam bila kita mengkonsumsi sate kambing yang berusia kurang dari tiga bulan? Apakah boleh menyembelih kambing yang masih masuk kategori bayi kambing ini? Sepanjang yang diketahui, sate kambing adalah halal. "Wah, kalau untuk hal itu saya tidak tahu Mas?" jelas Bang Firman.

Lepas dari pertanyaan di atas, Sate Kambing Muda Batibul bang Firman memang lumayan terkenal dan lezatnya bisa diadu. Bisa dibilang, kalau nggak enak silakan tambah! Hahaha...! Sebaiknya Anda segera saja berkunjung ke rumah makan sederhana sate kambing muda pake madu ini di daerah Lampu Merah Pertigaan Caman Kalimalang, masuk sedikit ke arah Pondok Kelapa. Kira-kira 100 meter sebelah kanan seberang Apotik Pondok Kelapa, Anda bisa melihat merk plang Sate Kambing Muda Batibul Bang Firman. Jangan kuatir masalah harganya, satu porsi sate kambing muda (10 tusuk) cuma dibandrol Rp 23.000,- dan bila ingin tambahan nasi Anda hanya membayar Rp 3.000,-/piring. Untuk Gule Kambing seporsi hanya Rp 10.000,- demikian pula Sop Kambing hanya dipatok Rp 10.000,- Dan sebagai ciri khas asli dari Sate Kambing Muda Batibul Bang Firman adalah Krupuk Mie seharga Rp 2.500,- atau Kerupuk Kulit seharga Rp 2.000,-

Untuk minuman unggulan di RM Sate Batibul Bang Firman di samping minuman ringan yang biasa disajikan di rumah makan manapun, Anda bisa mencoba Teh Poci khas Tegal. Lidah dan tenggorokan Anda akan dimanja dengan keset dan segarnya kehangatan Teh Poci asli dari Tegal ini. Sangat pas bila dinikmati dengan kelezatan khas sate kambing muda.

Buat anak-anak Anda bila mengajak keluarga berkunjung ke RM Sate Kambing Muda Batibul Bang Firman, Anda bisa memesan Paket Hemat 1, yakni Sate + Nasi hanya Rp 16.000,- atau Paket Hemat 2, yakni Sate + Nasi + Sop seharga Rp 23.000,-

Jadi kini bagi para penggemar sate Tegal tak perlu lagi harus jauh-jauh mencari apalagi sampai pergi ke Tegal. Sate khas Tegal dengan kambing muda bisa Anda dapatkan dan nikmati di kawasan Jakarta Timur bilangan Pondok Kelapa.

Nikmati kelezatan rasa susu dalam sate kambing muda Batibul Bang Firman dengan saus bumbu madu sekarang juga. Buruan pesan tempat, karena sering pelanggan kehabisan tempat atau stok daging kambingnya. Untuk pesanan dalam jumlah porsi besar, pesanan via telepon paling lambat 2 jam sebelum kunjungan di No Telp (021) 8690.4711 - 0813.9194.0047.

RM Sate Kambing Muda Batibul Bang Firman juga membuka peluang kerjasama. Namun arah kerjasama lebih kepada menjual resep dan merk Batibul Bang Firman dengan sistem jual putus. Bila Anda tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Firman, Anda akan mendapatkan pelatihan karyawan selama 3 bulan sedangkan suplai daging kambing muda langsung didatangkan dari Tegal. Jadi Anda tak perlu kuatir dengan stok daging, semuanya terjamin ketersediaannya. "Dengan membeli merk Sate Batibul Bang Firman, maka bukan saja tenaga kerja terlatih yang investor dapatkan, tapi juga suplai dagingnya kami jamin," pungkas Firman.

Sidik Rizal - kotabekasihotnews.blogspot.com

Kelana Kuliner Jakarta

Thursday, July 22, 2010

Makan bersama keluarga adalah budaya kita
Mau tahu kemana aja dan dimana seh tempat nongkrong makan enak atau istilah kerennya berwisata kuliner yang ahik punya? Perlu diingat bahwa baik kulinerkuliner.com maupun kelanakuliner.co.cc dan bukankelanakuliner.com gak pernah merekomendasi tempat yang gak pantes untuk dikunjungi (yah meskipun tuh tempat gak bayar iklan atau gak pasang iklan di web kami, tapi pasti fair banget kan kalau mereka memang pantas ada di situs blogs ini?)



Masalah penilaian dari rekomendasi terpulang ke kita-kita juga, karena semua hal yang ada di tempat ini kan sifatnya relatif serta agak sedikit subyektif. Ya nggak seh? Tapi kalau mau lihat lengkapnya ya udah tungguin aja sampai bahasan kulinerkuliner.com group nyampe ke tempat nongkrong makan yang lagi lo-lo pade mau cari. Ok Bro and Sis?


Kuliner di Jakarta
1. Gado-gado Bonbin
Jalan Cikini
IV No. 5, Jakpus
Telp 021 3141539
Resep olahan Oma sejak 1960 : irisan lontong, potongan
kol, bayam rebus, tahu, toge serta separuh telur rebus. Lantas disiram dengan saus kacang yang pekat dan ditaburi emping melinjo serta krupuk udang ukuran besar.Menu lain, cendol dan asinan betawi.

2. Cilantro Asian
Bistro & Lounge
Level 46, Wisma 46 Kota BNI, Jl Jend. Sudirman Kav. 1, Jkt
Telp 021 2512822
Asal tidak takut ketinggian, bisa menyantap tom yam goong sembari dikelilingi suasana Jkt yang terletak 200 meter di
bawah.

Nikmati juga menu Thailand poo op modin, serta dim sum di pagi hari atau menu High Tea yang cuma tersedia hari Senin
sampai Jumat, dari pk 14.00 sampai 18.00

3. Sate Maranggi Bu Yayah
Jalan Laboratorium
No. 3, Komp. PLN Duren Tiga, Jaksel
Telp 021 7944104

Menu utama, sate kambing dan sate sapi. Menu lain, oseng daun singkong, macam-macam pepes, sayur asem dan sop
daging.Berbeda dengan versi aslinya di Plered, Purwakarta,
penyegarnya memakai tomat danirisan bawang. Dagingnya empuk dan harum, saking empuknya seperti daging kambing muda, begitu pula aroma bumbunya juga harum.

4. Ayam Bakar Taliwang Bersaudara Jl Panglima Polim IV No. 125, Jkt Telp 021 7252863

Satu porsi ayam bakar taliwang berupa seekor ayam kampung utuh berukuran mini dengan bobot sekitar 300 sampai 400
gram saja, lebih dari itu, ayam akan terasa alot.Meskipun banyak menggunakan cabai, sentilan pedas ayam bakar ini
lembut saja terasa di lidah. Untuk penikmat pedas, ada ayam plecing, yang rasanya lebih pedas.Menu pengiring, plecing kangkung, yang kangkungnya didatangkan dari Lombok, serta menu beberuk terong, yang mirip karedok, juga ada menu sate pusut, sate khas Sasak, berupa campuran kelapa setengah tua dan daging serta dibumbui dengan kemiri,daun jeruk, cabai dan garam.

5. Ayam Tulang Lunak
Hayam Wuruk
Pondok Indah Plaza
I Blok UA No. 39.

Awalnya ada di kedai ayam tulang lunak di Jl Hayam Wuruk, Denpasar.
Menu andalan sudah pasti ayam presto, selain ayam ada juga bebek dan bandeng presto. Kalau doyan ayam, pilih aja Ayam
Goreng Crispy, Ayam Bakar atau Ayam Goreng Telur Asin. Jangan lupa, habisi pula tulang-tulangnya yang lunak digigit.

6. Bubur Kwang Tung
Seafood ala Hongkong Jl Pecenongan

Menu andalan, bubur kepiting. Bumbunya hanya pakai garam dan kecap asin, nggak pake merica dan micin. Ada menu yang
nggak terdaftar, tapi banyak dipesan, yaitu Kepiting Tumis Telur Asin, nah lu, kok bisa banyak yang tahu ya???
Padahal nggak ada di daftar menu.....

7. Bakmi Mbah Mo
Jl Fatmawati

Merupakan waralaba bakmi jawa Mbah Mo, Bantul, Yogyakarta. Menu andalan, bakmi godog, dengan kuah yang kental dengan campuran kemirinya sangat terasa, menjadikan kuah terasa lezat dan gurih. Minumnya.... .bisa pilih wedang jahe atau wedang ronde.

8.Warung Ayu
Taman Pura Aditya jaya,
Jl Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun, Jaktim
Telp 021 47866963
Mencari masakan khas bali??? Nasi campur bali??? Cobalah sajian Pura Aditya Jaya ini. Ada tiga kios yang menjual masakan bali di halaman pura tsb, meski begitu kios milik I Gusti Ayu Taman bisa menjadi pilihan.

Jika hari biasa orang datang ke warungnya untuk mencari babi
panggang, pada hari Minggu menyediakan babi guling yang
disajikan utuh, kue-kue ala Bali dan lawar merah. Menu pilihan lainnya yang bukan babi, adalah serombotan yang mirip dengan urap, telengis atau pepes blondo, ayam sambal mentah, sayur nangka kuah serta sate lilit ikan.

9. Restoran Cavana
Plaza Semanggi

Restoran waralaba berkonsep easy dining dengan menu andalan Classic Wings.
Ayamnya juicy, tidak kering. Menu ayamnya tidak hanya digoreng tapi bisa juga direbus, dipanggang, dengan aneka
pilihan bumbu seperti, bumbu thai (jangan lupa pake huruf "H" jangan nggak... nanti jadi nggak enak rasanya), black pepper atau curry sweet and sour.

10. Kedai Tiga Nyonya
TIS Square, Jl MT Haryono Kav. 8 Tebet,
Jaksel Telp 021 8308360

Rindu masakan rumahan yang rasanya tidak aneh-aneh??? Coba sambut tawaran menu dari Kedai Tiga Nyonya ini. Menu
andalan adalah ikan bakar pecah kulitdengan pendamping kangkung belacan yang nikmat disantap dalam kondisi panas. Menu masakan rumahan yang lain, seperti ngoh hiang, nasi goreng belacan (terasi) atau soka salad mangga sebagai pemancing selera. Minumannya, ada beberapa pilihan seperti es kelapa muda sirsak, es lobi-lobi atau es cingteng yang merupakan paduan kurma China, lengkeng lotus ship dan ginkgo dicampur menjadi satu. Untuk dessertnya, boleh dicoba pisang bakar berbalut cokelat dan keju yang crispy atau es duren madurodam serta menu es krim jadoel beraneka rasa yang home made.

Sambil bersantap nikmati juga koleksi barang antiknya, seperti foto tiga perempuan dalam kebaya China yang menjadi
ikon kedai ini, ada juga cermin besar, batu giok serta pernik-pernik dekorasi lainnya.

11. Riung Sari
Jl Juanda, depan Kantor Sekretariat Negara.

Dari namanya, jelas restoran ini menghidangkan masakan Sunda. Dengan konsep front kitchen, menu andalannya adalah
ikan gurame bakar dan goreng, cumi bakar dan ayam bakar cabe hijau dengan sambel khas Riung Sari. Kalo lagi pas beruntung, bisa foto bareng dengan artis Titi Kamal, si pemilik restoran ini.

12. Konopizza
Mal Kelapa Gading, Lantai Dua

Mau coba makan pizza yang mirip es krim contong???? Mampir aja ke Mal Kelapa Gading lantai dua! Sepotong pizza tidak lagi disajikan di atas loyang dan harus disantap
sambil duduk manis di samping meja. Sebaliknya adonan toping pizza ditempatkan di atas kulit roti yang mirip tempat es krim dan sudah bisa siap dengan waktu limamenit. Cocok untuk yang punya mobilitas tinggi.

13. The Affair
Apartemen Permata Hijau, Jakarta

Affair tak selalu berkonotasi negatif, apalagi jika melakukannya di sebuah restoran yang menyediakan koneksi internet gratis. Bahkan bisa bebas melakukan affair sambil menyantap ikan cod (ikan Patin) yang direndam dengan sake dan saus Jepang. Menu andalan adalah chillie cheese tomato toast panini, angel hair pasta with chillie, tobico and mirin, garlic potatoes with marjoram serta gindara with sake and soy.

14. Kopitiam
Lobby Tower Azalea,
Apartemen Garden Mediterania Residence,
Tanjung Duren

Belum pernah menikmati sarapan dim sum siap saji dengan kemasan praktis????? Kedai kopi Oriental ini tampil beda
dibandingkan dengan warung-warung berlabel Kopitiam di Singapura atau Malaysia. Menu dim sum merupakan menu
andalan,menu tambahan, bubur telur pitan, nasi tim, hainam chicken rice sebagai menu penyeimbang. Tentu saja, bagi
penggemar kopi masih bisa menikmati caffe latte, cappuccino, hot choco dan black coffee.

15. Sop Ikan Resto
Khas Batam Ruko
Jl Boulevard Raya Barat, Kelapa Gading

Restoran dengan gaya interior minimalis modern dan dapur terbuka ini menyajikan deretan menu khas Kepulauan Riau,
antara lain, sop ikan, bawal teluk pulai steam atau goreng. Sop
ikannya tidak amis, bahkan terasa manis, gurih dan
asin, karena aroma rempah seperti jahe, serai dan kedelai yang ditumbuk halus plus ikan yang segar.

16. Thai Village,
Sharksfin Restaurant
Sona Topas Tower, Lantai 21,
Jl Jend. Sudirman Kav. 26
Telp 021 2500388

Penggila sirip ikan hiu pasti puas! Sirip ikan hiunya dihidangkan cukup besar, tidak diiris-iris seperti di restoran
lain, disajikan dalam bentuk sop kuah kental, dicampur dengan
kepiting, irisan cumi, ayam, kecambah besar serta daun
ketumbar sebagai penyedap aroma. Ada dua jenis pilihan sambal, ada yang ala China yaitu cabe dirajang plus kecap asin
atau sambal ala Thai yang berwarna hijau muda dan berasa asem banget.

17. Restoran Kyoka
Bapindo Plaza Lantai 27, Jl Jend. Sudirman

Menu unggulan adalah kaiseki ala raja Jepang tempo doeloe. Sebagai minuman pendamping, bukan sake,
tetapi shochu yang terbuat dari ubi fermentasi. Yang perlu diingat, penikmat hidangan kaiseki, harus meluangkan waktu
cukup panjang, karenahidangan fine dining ini memakan waktu hingga empat jam untuk dinikmati. Selain kaiseki, maguro sushi (ikan tuna), toro sushi (ikan toro), California Roll (nasi sushi ikan dibungkus rumput laut kering) dan chirasi sushi yang menggunakan ikura (telur ikan salmon) menjadi favorit pencicip yang mampir ke restoran ini.

18. Restoran Paparazzi
Plaza Indonesia, Lantai Dasar

Sepintas gaya dan konsep restoran ini, tak jauh beda dengan restoran Paprazzi di Kuta, Bali, yang mengarah pada konsep
modern Australia. Menunya, khas restoran di kawasan Sydney dan Melbourne, seperti risotto, steik dari beef tenderloin,
portable mushroom risotto-grana- truffle oil, yakni nasi tim butiran besar khas Italia yang dihiasi dengan lembaran
keju, atau mencicipi menu unggulan, parmesan crusted sole (ikan sebelah) yang dihidangkan bersama masakan daun bayam dan saus lemon. Jika doyan makanan pembuka jenis kuah atau krem, bisa pilih lobster isque fresh musselscrusty bread.

19. Restoran Takigawa
Jl Panglima Polim X No 10P, Melawai,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp 7265010

Penikmat kuliner yang selain ingin menikmati masakan khas Jepang juga ingin menikmati suasana musim gugur di Jepang,
boleh mencoba restoran ini. Menu andalannya adalah kamameshi, nasi bakar Jepang yang berkerak. Beras Jepang yang dimasak dengan air kaldu ikan selama 20 menit diberi bubuk cabai kering Jepang, sehingga beraroma dan rasa yang kuat.
Nasi dimasak dalam wadah yang terbuat dari aluminium yang dipesan langsung dari Jepang. Tambahan lain dalam kamameshi dapat pula berupa gomoku (salmon, scallop, udang ayam), tori (ayam, telur), takigawa (belut, kepiting, udang, salmon, scallop, ayam) atau unagi (belut).

Menu unggulan lainnya, kushiyaki (sate Jepang) yang proses pembakarannya diberi sake sehingga aroma dan rasanya menjadi gurih. Atau boleh dicoba fhusion sushi roll, nigiri sushi
serta sashimi. Jangan lewatkan makanan pembukanya, wakame salad.

20. Warung Bakudapa
Bali Splash Area, Kemang,
Jakarta

Penggemar makanan khas Manado bisa berburu ke warung modern ini.
Beberapa menu, seperti sop buntut, dendeng balado,
nasi campur, buburmanado sampai tempe penyet boleh dicoba. Sop buntut Bakudapa menjadi sop buntut favorit di Bali. Lho…kok…di Bali???

Memang, warung ini merupakan cabang Bakudapa yang di Bali. Sambalnya, yang disebut sambel mata lumayan
‘menantang’, Cabe, bawang merah dan bumbu lain tidak diulek, tapi dicacah. Jadilah, sambel mentah yang gurih.

21. Burger Blenger
Jl Lamandau IV, Kebayoran Baru, Jaksel

Burger dan hot dog di kedai ini tampil dalam porsi besar dan olesan mayonnaise yang terbilang royal. Di kedai ini cuma ada empat menu makanan, yaitu cheese burger, beef burger
serta chili dog dan cheesy dog, kedua terahir ini merupakan aplikasi resep dari Jerman. Menu andalannya adalah cheese burger, satu porsi cheese burger ala Burger Blenger ini
memang benar-benar bikin mblenger kekenyangan. Selain ukurannya heboh, sayuran dalam cheese burger ini tampak agak berbeda, timunnya adalah kyuri atau timun Jepang segar, bukan timun yang diasinkan, selada air atau selada keriting diganti dengan letuce, sehingga jika digigit lebih crispy.

22.Restoran Excito
Hotel Spark

Buat pecinta sea food, restoran ini menjanjikan sesuatu yang baru dan segar, yaitu appetizer sea food. Dari 70 item
makanan dalam daftar menu, 90% nya merupakan sea food yang dihidangkan dengan penyajian konsep Barat lewat paket buffet dinner.

Menu pembuka yang wajib dicoba, smoked salmon, sea food lobster dan sea food kepiting yang semuanya diolah ala rebus
agar kandungan gizinya tidak berkurang dan tentu saja terlihat lebih segar.

23. Lara Djonggrang
Jl Cik Di Tiro No. 4, Menteng, Jakarta Pusat

Ingin mencoba pengalaman menyantap hidangan yang konon pernah disantap Raja Hayam Wuruk?
Menurut si empunya restoran, Raja Hayam Wuruk yang memerintah Kerajaan Majapahit, melakukan ekspedisi menyusuri tempat-tempat di tanah air selama 10 bulan dan selama itu menikmati perpaduan hidangan “inggil” kerajaan dengan masakan khas masyarakat di tempat-tempat yang disinggahi. Hidangan tersebut kini tersaji di Lara Djonggrang, restoran yang didesain mirip museum ini, membuat penggemar kuliner seolah-olah berada di awal abad ke-14.

Merujuk ke buku menu dengan ukuran besar dan berat, sebagai hidangan pembuka, Udang Swarloka, bola udang renyah yang disajikan di wadah unik berbentuk kerang merupakan menu spesial yang harus dicoba. Sedangkan menu utama berupa hidangan laut, sebut saja, Pasar Ikan Nelayan Kampong Tugu yang merupakan campuran hidangan laut segar bakar atau rebus, seperti udang, cumi, kerang dan kepiting. Juga, ada Rajungan Bumbu Rujak khas Tuban, Kare Udang Kipas khas Kepulauan Seribu atau Kerang Hijau Saos Rendang khas pesisir Padang.

Sambal yang menemani hidangan ini, bisa dicoba sambal terasi, sambal mentah khas Bali atau sambal lombok ijo. Yang tak kalah unik adalah beragam nasi dari seluruh nusantara yang kini nyaris terlupakan. Ada nasi dengan masakan khas masyarakat di tempat-tempat yang disinggahi. Hidangan brongkos khas Demak, nasi merah, nasi kunyit dan nasi jagung. Nasi jagung di restoran ini, tidak seperti layaknya nasi jagung khas Madura yang menggunakan jagung keras, tetapi menggunakan beras pulen yang dicampur butiran jagung rebus yang empuk.

24. Penangbistro
Kebon Sirih Raya, Jakarta

Untuk penggemar masakan khas negeri jiran Malaysia, restoran ini bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan interior
bernuansa modern kontemporer, Penangbistro menyajikan masakan khas daerah Penang, yang terkenal dengan paduan cita rasa empat budaya, yaitu Malaysia, China, India dan Portugis.
Tak heran, jika dalam daftar menunya bisa didapatkan, roti canai chicken curry ala India, sea food steamed ikan garoupa otak-otak, mango chicken, nasi lemak penang, prawn mie, sate ala Malaysia, kerabu ebi mangga, Malay seafood mie, atau nasi nyonya yang gurih lengkap dengan kare ayam dan sambal ikan bilis. Sebagai hidangan pembuka, ada penang rojak atau salad khas Penang, sedangkan menu penutupnya, ada pulut hitam dengan es krim.

25. Restoran Dante
Jl Dharmawangsa Raya, Jaksel

Jika kebetulan Anda doyan dengan masakan oriental, bisa memilih menu andalan berupa kwetiauw atau nasi siram sapi lada hitam, nasi ayam canton, mie goreng ala Hongkong, nasi goreng yong chow dan aneka dim sum. Sedangkan minuman andalan restoran ini adalah minuman serba madu yang disebut flavour honey, dimana semua aneka jus menggunakan pemanis madu, sehingga rasanya lebih enak.

26. Restoran Tofu
Dharmawangsa Square, Jakarta
Restoran serba tahu!

Maksudnya bukan serba mengetahui, tetapi tahu yang umumnya diolah menjadi penganan seperti tahu pong, tahu isi atau pepes tahu. Menu favorit, tofu meteor, berasal dari tahu, udang dan ayam yang dilumatkan dan dibumbui, lumatan itu
lalu dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng, terus dihidangkan dalam tatanan yang mirip kobaran api layaknya
meteor. Lainnya? Ada hot pot tofu and crab meat, menu ini disajikan dalam mangkuk yang dibakar dan berisi daging
kepiting, udang, jamur, ikan dan sayur dengan kuah kental.

Ada lagi, mapo dou fu, tahu pedas dengan taburan daging
cincang dicampur dengan bawang Bombay, jamur dan cabai merah, rasanya spicy. Serta, claypot tofu garlic and spinach,
prawn tofu soup dan stirfried beef with tofu. Hidangan pembukanya boleh dicoba silken tofu salad, sedangkan penutupnya blue smoothies, minuman yang beraroma kulit jeruk, dengan bahan sari tahu sutra, sirup blue curacao dan whipping cream.

27. Saung Grenvil
Kompleks Grenvil Blok AV-12A,
Jakarta Barat
Telp 021 5659517

Kedai ini menawarkan 200 macam menu masakan dari empat jenis makhluk laut, yaitu varian dari udang, kepiting, ikan dan kerang. Sebagai makanan pembuka, ada kerang rebus atau udang api-api rebus, udang berukuran sedang ini tampak bersemu merah dan disajikan dalam piring kecil beralaskan daun pisang.

Sambal untuk menemani makanan pembuka ini ada dua macam, yang satu berupa sambal cocol biasa, yang lainnya campuran cabai, nanas dan gerusan kacang yang merupakan
sambal khas pantai timur Sumatra. Menu yang paling banyak dicari adalah kepiting lada hitam dan saus padang, karena rasanya pedas, juga menu udang goreng mentega, rasa udangnya gurih bercampur manis karena waktu dimasak ditambahkan madu. Untuk minuman penggelontor makanan tersebut, tersedia es markisa atau es terong belanda.

28. Soto Bu Tjondro
Jl Pondok Cabe Raya 50B, Tangerang
Telp. 7498224
Penggemar soto merupakan komunitas yang memiliki banyak pilihan.

Maklum, banyak citarasa soto khas dari beberapa daerah. Soto bening alaYogyakarta sudah pasti berbeda dengan soto betawi yang sarat santan. Soto Kudus berisi irisan ayam lain rasanya dengan coto Makassar. Soto khas Solo biasanya berupa soto daging sapi.

Tapi, di kedai Soto Bu Tjondro, akan kita dapatkan soto Kudus yang diracik orang Solo. Sesuai dengan nama kedainya,
menu soto tentu saja menjadi hot item. Soto bikinan buTjondro yang asli Solo ini merupakan jenis soto Kudus, sotonya
hadir dalam mangkuk yang cukup besar. Isinya padat, ada soun, suwiran ayam yang royal,toge pendek serta kuah bening.
Itu adalah soto versi biasa, soto spesialnya dibedakan dengan mengimbuhi kentang tipis yang digoreng garing serta sebutir telur pindang.

Telur pindang bikinan Bu Tjondro sedikit berbeda dengan telur pindang lain, telurnya sangat tanak dengan warna cokelat
menyelimuti, serta kuning telur yang berwarna tua.Rasanya manis, sebenarnya telur tersebut adalah telur gudeg.

Aksesori makan soto juga tersedia, seperti tempe dan tahu bacem, sate ati ampela, sate kerang, sate telur puyuh, sate babat, serta sate limpa, juga berbagai macam kerupuk, seperti rambak dan karak.

29. Warung Daun
Jl Wolter Monginsidi No. 41, Jakarta
Telp. 72786138

Warung Daun menyodorkan pilhan beragam menu masakan Sunda. Menu andalan adalah olahan gurame, sambal ngebul dan nasi liwet. Yang unik, lalapan di sini merupakan sayur organik dan masakan dibikin tanpa vitsin.

Nasi liwet disajikan di dalam kastrol atau ketel, khas cianjuran,
dalam keadaan mengepul seperti baru diangkat dari kompor. Saat penutup kastrol dibuka, tampak teri masak yang ditaruh
di atas potongan daun pisang. Sebagai lauknya, bisa memesan olahan gurame, ada beberapa pilhan, dari gurame goreng sampai gurame tumis pete,namun andalannya adalah gurame saus mangga. Sedangkan untuk lalapan, dipakai bahan baku sayur organik, penampilan lalapan organik tidak berbeda
dengan lalapan biasa, hanya rasanya yang berbeda. Kemangi organik rasanya lebih pedas dari yang biasa, timunnya juga lebih segar dan lebih banyak mengandung air. Jangan lupa mencocol sambalnya yang istimewa, sambal khas Warung Daun. Sambal ini diantarkan dalam cobek tanah liat yang ditutup, tutup cobek akan dibuka di depan pemesan, lantas, asap dengan aroma terasi yang kuat mengepul dengan bebasnya. Tak heran, kalau sambal yang berhias daun kemangi serta irisan daun bawang ini disebut sambal ngebul.

30. Sandwich Bakar
Jl Pesanggrahan Raya No. 168, Jakarta Barat
Telp. 5820270

Sandwich selalu banyak penggemarnya. Barangkali lantaran praktis dan gampangdibawa. Bagi penggemar sandwich, bisa
mencoba sandwich bakar. Bentuknya, seperti lazimnya sandwich, ada roti, ada sayur, ada daging atau ikan atau ayam,
keju plus mayonnaise, tapi sisi-sisi luar roti itu gosong kecoklatan bekas dipanggang. Alhasil, jadilah hidangan yang
kompromis antara selera Indonesia dengan gaya barat. Varian menu sandwich bakar yang banyak dipesan adalah chicken
lada hitam dan beef lada hitam. Pengantar makan sandwich di sini bukan soft drink, juice atau lemon tea, tapi adalah wedang ronde atau wedang sekoteng.

31. Brasserie Madaleine
Lantai 2 Arcadia Plaza Senayan

Restoran ini memang memanjakan penggemar makanan Perancis. Di negara asalnya, Brasserie Madaleine terkenal sebagai pusat jajanan bergaya kasual khas Perancis. Restoran ini siap dengan sajian ala carte untuk makan siang maupun makan malam.

Dari segi cita rasa, masakan Perancis di resto ini tergolong otentik, termasuk menu pembuka favorit seperti escargots
de bourgogne, sejenis siput dengan kuah pekat asin dan gurih.

Menu tradisional Perancis juga mengenal salad yang disiram dengan keju kambing hangat. Untuk menu utama, tinggal pilih
menu serba daging, sayuran, pasta atau hidangan laut.

Tak ketinggalan, menu andalan, steik tartare specialite du chef, yaitu daging sapi cincang dengan saus tartar, magret de canard au vinaigre de framboise(dada bebek dengan cuka
rasberry). Penggemar hidangan laut bisa mencoba crepe saint-jacques yakni sajian ikan, kerang dan udang dalam veloute ikan dibalut kulit tepung tipis.

Sebagai sentuhan terakhir, resto ini menawarkan hidangan penutup antara lain, crème bulle (hidangan penutup khas Perancis), pie apel alsaciennedan crep suzette (kulit tepung tipis khas Perancis) dan saos prange grand marnier.

32. Asinan Kamboja
Jl Taman Kamboja No.10 Rawamangun
Telp. 4707242

Untuk penikmat kuliner yang mencoba berburu light meal, bisa mampir ke tempat ini. Kedai asinan ini menawarkan dua
jenis asinan, yaitu asinan sayur kuah kacang serta asinan buah yang pedas.

Rasa asinan di kedai ini sangatlah khas betawi. Komponen asinan sayurnya sih biasa saja, ada kol, selada, timun, toge yang semuanya masih dalam keadaan segar. Plus beberapa
irisan tahu putih ala Mampang.

Bedanya ada pada kuah yang disiramkan pada sayuran tersebut. Jika umumnya asinan
memakai kuah cuka pedas yang encer dan bening, asinan di kedai ini menggunakan kuah bumbu kacang berwarna cokelat
kemerahan, maklum saja, kuah tersebut juga sudah dibubuhi cabai.

Untuk pelengkapnya, tak ketinggalan krupuk mi berwarna kuning, serta beberapa krupuk kanji.

33. Pondok Ikan Bakar Ujungpandang
Jl Radio Dalam No.14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Saat mencicipi ikan bakar ala Ujungpandang di Jakarta Selatan ini, kita memang harus rela sesekali tersabet asap dari pembakaran.

Menu andalan pondok ini memang ikan bakar, dalam daftar menu yang disodorkan ada beberapa pilihan ikan, seperti baronang, kue, bawal putih, ayam, kerapu, bandeng dan pecah kulit. Olahannya tersedia dalam tiga cara yakni bakar polos, rica atau parape. Ikan bakar polos bumbunya lamat-lamat namun lebih dominan asin; rica lebih berasa pedasnya, dan parape cenderung manis. Olahan yang sering dipesan adalah ikan bakar polos, sedangkan ikan baronang merupakan menu
ikan wajib tersedia di kedai ala Ujungpandang. Menikmati ikan bakar ala Ujungpandang belum puas jika tidak mencoba
semua varian sambalnya, yaitu sambal terasi dengan mangga muda dalam cobek kecil, sambal tomat kemanggi, sambal petis, sambal bawang putih, serta sambal rica. Semua varian sambal tersebut merupakan sambal khas Makassar. Minuman yang khas di sini adalah es kelapa muda, sebutir kelapa muda dengan es tentulah menyegarkan setelah mulut dihajar beragam sambal Makassar.

34. Lao Ta
Jl MH Thamrin, Kompleks Ruko Plaza Menteng
Blok C11-12, Lippo Cikarang
Telp. 89900027
Bubur Steamboat & Seafood Specialist.

35. Kedai Cemara
Perempatan Tanjung Duren Barat
Ayam bakar…gurihnya ayam jantan bakar.

36. Restoran Laut Sulawesi
Simprug Gallerry, Jl Teuku Nyak Arif No.10, Kebayoran

Lama Menu seafood ala Makassar berbumbu pekat. Menu andalan, olahan ikan bawal bintang, caviar ikan tuing-tuing dan kepiting lada hitam plus sambal petis.

37. Kedai Sate Bang Wahab
Jl Imam Bonjol No.47, Tangerang
Sate kambing tanpa tusuk sate berbumbu kacang serta sop kambing.

38. Hilltown Steak
Jl Wijaya IX (dekat Taman Wijaya), Kebayoran Baru
Kedai steak kaki lima, guyur saus sepuasnya.

39. Sate Ayam Haji Romli
Seberang RS Pusat Pertamina, Jl Kyai Maja, Kebayoran Baru
Ueenak banget, potongan daging ayamnya besar, empuk dan bumbunya
meresap.

40. Pondok Lauk
Jl Baharudin No. 34A, Tangerang
Telp 5522370, 5524443
Menu yang banyak dicari orang, hotplate seafood, cumi bakar, serta kepiting saus padang .

41. Kedai Ayam Goreng
Jl Leuser F3/42
Telp 7221167

Kedai ayam tanpa papan nama, gurihnya ayam goreng dan segarnya sayur asem mencirikan masakan khas Solo. Untuk minumannya, boleh dicoba minuman“Pelangi”, berupa campuran air kelapa, sirop, serutan kelapa muda, nata de coco dan perasan air jeruk.

42. Seafood SMS

Jl Pluit Putra Raya A1,
Jakarta Utara
Telp 6620869

Menu paling favorit adalah kepiting telur SMS (Sedap Murah Segar) dan ikan kuwe bakar dengan sambal SMS nya. Untuk
anak-anak, boleh dicoba kepiting asap.

43. Ayam Bakar Kalasan Mas Mono
Jl Tebet Raya 57
Telp 08128218674, 92811166
Cobalah sepiring nasi putih hangat, ayam bakar legit plus sedikit sayur sambal merah bikinan Mas Mono.

44. Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan
Jl Raya Tapos No.1,
Cimanggis, Depok
Telp 8751395

Nikmatnya menyantap ikan patin bakar dalam bambu dan sup gurame segar.

45. Dapoer Ciragil
Jl Ciragil I No.21, Kebayoran Baru
Telp 7230009
Menu bernuansa Jawa dengan atmosfer Bali. Menu utama adalah ayam bakar manis dan bebek goreng renyah.

46. Sop & Sate Kambing Estu Rame
Jl Tebet Barat Dalam,
depan Pasar Tebet, Jakarta Selatan
Telp 59750868
Yang khas dari sop kambing ini, kulit luar daging kambingya dibuang dan campuran kuahnya menggunakan susu impor agar rasanya nggak basi.

47. Warung Bu Bandung
Jl Cipinang Jaya 1B
belakang Hero, dekat pertigaan
Telp 8575477
Warung Sunda tanpa saung. Banyak orang menyambangi warung ini untuk menyantap empal khas Sunda, yaitu empal gepuk (karena digepuk dengan martil) dan mencoba sambal terasi Bu Bandung.
Boleh dicoba juga menu pepes ikan mas dan kepala ikan mas goreng.

48. Ulliko
Jl Boulevard Raya QA 3 No.12
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp 4501833, 4528864

Kedai ini khusus memanjakan penggemar durian dengan menyediakan camilan durian, seperti, kue sus durian, serabi kuah durian dan ketan durian termasuk minumannya jus durian.

49. Steak Art & Curio
Jl Kebon Binatang III/8
Telp 31922879

Menikmati steak Eropa dengan suasana restoran zaman baheula. Menu utama adalah Steak Art & Curio, steak beef yang disajikan dalam sebuah piring seng, plus acar bawang.

50. Restoran Padang Citra Rasa
Jl Kapten Tendean No.12B
Jakarta Selatan
Telp 7902934

Menu masakannya memakai cara olahan khas Sumpur (nama desa di wilayah Kabupaten Tanah Datar, berjarak 140 km
dari Padang).
Rasanya disesuaikan dengan lidah non Minang. Salah satu andalan Citra Rasa adalah berbagai menu singgang (merupakan cara masak khas Sumpur dengan menggunakan daun pisang sebagai alas wajan) antara lain, singgang kerang, ayam jamur, ikan teri dan daging. Menu khas lainnya, ayam top kas Citra Rasa (bukan ayam pop) dan pangek sungkur (seperti masakan asam pedas dan tidak bersantan).

51. Ponderosa Steak House
S. Widjojo Building
Jl Jenderal Sudirman

Kelezatan steak yang dibakar dengan sauce memanjakan selera makan. NamaPonderosa diilhami dari
nama sebuah rumah dalam film Bonanza yang diputar TVRI tahun 70-an.

52. Omah Sendok
Taman Mpu Sendok
Jl Senopati, Kebayoran Baru

Penikmat kuliner bisa duduk berbincang dan adu gagasan sambil minum kopi atau mengetik dengan laptop sembari melalap tahu cocol. Menu yang paling laris adalah soto
tangkar, asli Betawi beserta minuman khas Betawi, bir
pletok.

53. De Plum Bistro
Jl Kemang, Jakarta Selatan

Ingin menikmati menu nyonya laksa Malaysia dengan ditemani teh tarik? Cobalah nikmatnya bersantap makanan otentik Malaysia di sini, seperti, kuih pie tie, prawn in sarong, mi siam dan nasi lemak.

54. Soto Jakarta Pak Yus
Jl Teuku Umar No. 2, Menteng, Jakarta Pusat
Nikmatnya berkeringat makan soto Betawi di kawasan Menteng.

55. Restoran Sari Chan
Jl Pangeran Antasari,
Kebayoran Baru

Menu khas masakan Jepang adalah shabu-shabu dan chicken cordon bleu. Sedangkanbagi penyuka mi, di resto ini ada menu mi goreng jawa rawit. Bagi penyuka nasi goreng, jangan
lewatkan nasi goreng kepiting. Suka makanan berkuah? Cobalah agedashi tofu!

56. Celcius Café
Plaza Semanggi
Memadukan masakan asli Thailand, local dan Eropa.

57. Rive Gauche
Jl Veteran I No.21, Jakarta Pusat
Telp 34831458

Cita rasa tradisional Bali dalam kemasan Eropa modern, tertuang dalam menu ikan bakar sambal mentah, bebek goreng khas Rive Gauche atau ayam bakar sambal Bali.

58. Rumah Makan Ibu Hj.Kokom
Jl KH Hasyim Ashari No.20
Cipondoh, Tangerang
Telp 5549017

Menu olahan yang banyak dipesan adalah ayam bakar dan gurame bakar, yang dimasak tanpa pakai penyedap, pakai bumbu kampung biasa, seperti kunyit, bawang merah, lengkuas dan sereh.

59. Café AN (Mr. Sangid ex Borobudur)
Special Sop Buntut
Jl Letjen. Suprapto
Komp. Cempaka Putih Permai Blok A4
Jakarta Pusat
Telp 4201081

Ngomong-ngomong soal sop buntut, pasti terbayang sop buntut di Bogor Café, HotelBorobudur. Yang satu ini adalah sop buntut buatan Pak Sangid, mantan koki di Hotel Borobudur. Rasa pedas dalam potongan buntut cukup menggigit, sensasi rasa justru akan makin mantap jika lidah menyeruput kuah sop yang segar.

60. Ayam Goreng Tulang Lunak Ny. Nani S.
Jl H.Ten No.7A
Rawasari, Jakarta Timur
Telp 4752128

Ayam goreng empuk ala Bu Nani tanpa menggunakan panci bertekanan tinggi(presto) untuk memasaknya. Menggigit ayam, memanjakan gigi. Sebelum dibakar, terlebih dahulu ayam dimasak bersama santan kental, gula jawa dan bumbu-bumbu, sehingga ada rasa asin, manis dan pedas.

61. Vietopia
Jl Cikini, Jakarta Pusat

Penggemar masakan Vietnam boleh mencoba cita rasa asli Vietnam dengan suasana restoran-restoran sama seperti di negara asalnya. Menu yang cukup laris adalah Bo La Lot serta es kopi Vietnam, Ca Phe Sua Da.

62. Rumah Makan Betawi Ibu Hj. Nurlailah
Jl Duren Tiga Raya PLN No.37
Jakarta Selatan
Telp 7985542

Kedai Hj. Nurlailah menyajikan menu andalan ayam goreng ala Betawi dan sop sapi.

63. Soto Ambengan Pak Sadi
Jl Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan

Kepulan asap dari semangkuk sup dengan cita rasa soto ayam Surabaya menyemburkan aroma khas rempah-rempah tradisional.
Ciri khas soto ini adalahpoya, kerupuk udang dan bawang putih yang digiling menjadi bubuk.

64. Rumah Makan Pecel Madiun
Jl Ciater Barat Raya, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang

Bagi penggila nasi pecel, pecel Madiun bisa dijadikan pilihan. Ciri khas pecel Madiun adalah pada rasa jeruk di
sambalnya, juga lauk tambahannya berupa jeroan.

65. Red Chocolate Culture
Mal Taman Anggrek

Kafe untuk coklat-mania. Semua makanan dan minumannya serba…cokelat.

66. The Bedroom
Commercial Building , Lantai 4,
Kemang

Menu fusion Asia , Eropa dan AS yang daftarnya identik dengan istilah yang berhubungan dengan ruang tidur, seperti
virgillussion, virgillada, blanket punch, the curtain, bedroom punch.

Begitu pula konsep interior unik berupa belasan tempat tidur berkelambu putih (bale-bale) yang menggantikan fungsi meja dan kursi. Menu spesial adalah wet dream, gabungan keong dan anggur dalam escargout dan white wine.

67. Soto Madura H. Ngatidjo
Jl Biak No.58A, Roxy
Telp 6317008

Penggemar soto menyambangi kedai soto ini demi mengudap semangkuk soto Madura. Cicipi rasa jahe soto Ngatijo.

68. Restoran Sri Melayu
Jl KH Ahmad Dahlan,
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan

Menyantap kepala ikan ala Melayu Medan. Menu andalan yang lain, bubur ayam dengan telur pitan atau ayam rebus Hainan.

69. Mie Ayam Pak Tua
Jl Sapta Taruna I,
Komplek PU Lebak Bulus

Untuk yang suka icip-icip mi, warung mi kaki lima ini layak dicoba.

70. CavanaPlaza Semanggi

Daging ayam utuh dalam berbagai menu masakan. Menu andalan yang sangat diminati ada empat, yaitu honey grill, red
roast, Thai sauce dan steak daging ayam.

71. Lokananta
Jl Panglima Polim II no.2
Telp 7246364

Lokananta mengguyuri masakannya dengan rempah yang berlimpah. Nasi goreng sirloin dan sop buntut
panggang menjadi menu pilihan utama.

72. Siomay Menteng Pak Aris
Depan Bank Lippo, Jl HOS Cokroaminoto, Menteng

Banyak jajanan sepanjang Menteng. Salah satunya, coba kunjungi gerobak siomay di depan Bank Lippo.

73. Restoran Kamikawa
Sudirman Place

Berbagai cita rasa Jepang yang tidak lazim disajikan di kebanyakan restoran Jepang, seperti, age bukuro, pa-nagai,
yakimeshi curry dan yakimeshi sakana.

74. Kedai Ibu Yanti
Jl PLN Duren Tiga No.11
Telp 7986225

Sop dan sate kambing ala Bu Yanti, segar dan empuk. Rasa sop
kambingnya sedap, persis aromanya. Rasa sedap ini berasal
dari jahe, pala dan kayu manis yang tidak ditumbuk. Sebagai
pelengkap rasa sedap jika disantap, ada sambal kacang khas ala Ibu Yanti.

75. Pempek Garuda
(dengan symbol huruf R kecil di sudut kiri)
Jl Garuda, Kemayoran Aroma tengiri di Garuda.

Banyak kedai pempek di sepanjang jalan Garuda, Kemayoran. Banyak pula yang memajang nama berbau Garuda. Inilah salah satu kedai pempek yang paling tersohor.

76. RM Betawi Ibu Atikah
Jl Kebon Kacang V no.29,
Tanahabang
Telp 3160548

Sate sapi cincang khas Betawi di Tanahabang. Sate lembut
adalah hidangan khas Betawi, yakni sate sapi cincang yang disantap bersama dengan ketupat laksa.

77. Soto Betawi H. Mamat
Jl Raya Serpong No.51
(depan dealer Suzuki BSD)
Telp 70285416

Sop, soto dan oseng daging di kedai Haji Mamat ini favorit di kalangan penikmatnya. Tampilannya sih, tak jauh beda dengan masakan Betawi lainnya. Tapi, tentu kesegaran dan gurihnya racikan Bu Haji Mamat ini tetap ada khasnya.

78. Bakmi Jogja
Jl Darmawangsa Raya 10C
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp 7245866

Untuk penikmat bakmi godog khas Jogja, tempat ini layak dikunjungi.

79. RM Nasi Cirebon
Gading Batavia Food Promenade Blok C

Bagi penggemar masakan Cirebon atau sekedar rindu masakan Cirebon, RM ini menghidangkan masakan khas Cirebon seperti, Empal Genthong, Nasi Jamblang dan Nasi Lengko.

80. Dulang Palembang
Jl Cinere Raya 77, Depok
Telp 7544958

Ingin menikmati masakan khas Palembang atau jambi? Cobalah mengecap gurihnya martabak kari, pedasnya
pindang udang, juga segarnya es kacang merah.

81. Tahu Campur Ojo Lali
Jl Saharjo, Tebet
(25 meter dari McDonald's kearah Pancoran)
Telp 79182753

Kangen tahu campur Lamongan? Seperti tahu campur kebanyakan, racikannya berupa tahu goreng, mi basah,
daun selada, irisan perkedel singkong, dan toge yang disiram kuah kaldu urat dan lemak sapi yang panas. Sebelum disiram kuah, campuran tahu dan mi itu terlebih dulu dibubuhi sambal
petis. Nah, olahan petis inilah yang membuat tahu campurnya
berbeda dengan kedai lainnya. Petisnya asli Surabaya lho, rasanya lebih nabok, Rek!

82. Super Bakso
Kawasan Gunung Sahari
seberang mal Golden Truly

Menu istimewa tentunya adalah bakso daging dengan ukuran super besar, bakso urat,bakso seafood serta bakso rajungan
dan bakso kulit ikan yang tidak dapat ditemukandi sembarang
tempat. Ada isi tambahan lain untuk mangkuk baksonya
berupa bihun dan tahu.

83. Pecel Pincuk Kalibata
Jl Taman Makam Pahlawan Kalibata,
Jakarta Selatan
Telp 70588204, 08129619843

Alternatif lain bagi penggila pecel. Kedai ini cocok bagi anda yang ingin makan serasa di kampung halaman. Meja, tempat duduk, tudung saji hingga dindingnya terbuat dari anyaman
bambu seperti di desa. Selain nasi pecel, lauk pauknya ada empal, ati ampela, paru, bacem tahu dan tempe, bakwan
jagung, telur asin, botok teri, pepes tongkol, peyek teri, peyek kacang dan dadar jagung. Sambalnya khas dan unggulan yaitu sambal tumpang. Sambal yang terbuat dari paduan kacang dan tempe yang diiris-iris lalu dihancurkan. Rasanya sedikit pedas dan gurih.

84. Strawberry Café
Jl Tanjung Duren Barat III No.1
Jakarta Barat
Telp 56962880

Mari, menjajal berbagai menu makanan yang serba berpenampilan stroberi. Menu unggulan adalah serabi yang disebut serabi istana presiden, ada nasi goreng stroberi yang berwarna merah menyala, spaghetti merah yang sausnya berasal dari stroberi segar. Ada lagi strawberry chocolate flambé. Penganan ini berasal dari buah stroberi utuh plus cokelat.

Untuk minuman, ada 130 macam jus. Yang unik, penyajian jus ini menggunakan gelas khusus yang di bagian bawahnya terdapat ikan hidup atau batu menyala.

85. Kedai Ma’Pinah
Jl Raya Kapten Tendean No.2
Jakarta Selatan
Telp 71790918

Kalau nggak sempat mencicipi Kedai Ma’Pinah di jalur Pantura daerah Pamanukan,mampir aja ke Jaksel, sama aslinya kok.

Menu andalan kedai ini adalah ikan etong bakar dengan berbagai sambal antara lain, sambal kecap manis yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, sambal merah ulek dan sambal terasi khas Sunda. Kalo udah sering coba nasi bakar, bolehlah coba nasi kerikil. Nasi kerikil adalah campuran antara nasi uduk dengan irisan wortel, jagung dan ati ampela.

Rasanya di mulut sangat ramai, persis seperti ada butiran kerikil-kerikilnya

86. Seafood Gebang 49
Jl Kalimati Pademangan
Jakarta Utara
Telp 6415555

Seafood lagi, lagi-lagi seafood! Bagi penikmat seafood, umumnya menu andalan kedai seafood yang sering dijumpai adalah kepiting, cumi, udang atau ikan. Tapi dikedai ini yang menjadi andalan adalah masakan kerang. Dari sekian banyak
pilihan yang ada di kedai ini, yang paling melegenda adalah menu kerang goreng saus padang. Keunikan dari kerang
goreng saus padang ini terletak pada penyajiannya yang masih menempel di cangkangnya.

87. Ketupat Sayur Murni
Jl Raya Kebayoran Lama PAL 7 No.6
Jakarta Selatan
Telp 5327146

Ketupat sayur ala Betawi ini, sayur kacang panjangnya tak terlalu pedas, santannya kental, bumbu bawang dan laos
sangat terasa. Lauknya adalah semur daging, pindang bandeng dan ayam goreng. Sedangkan sambalnya adalah sambal kacang yang dibumbui cuka.

88. Soto Ceker Arifin
Jl Gandaria, Jakarta Selatan

Menikmati soto ceker dengan penerangan beberapa batang lilin. Soto ceker Arifin berkuah kuning dan sedikit keruh, meski begitu, soto hasil racikan resep keluarga ini sepertinya tidak menggunakan santan. Soto ceker ini bisa dinikmati dengan ditemani sate jeroan ayam, uritan (telur ayam yang belum memiliki cangkang) atau keripik kulit yang terasa gurih dan garing, sambil dicocol sambal soto yang diberi kecap.

89. Warong Shanghai Blue 1920
Jl Kebon Sirih Raya No. 79
Jakarta Pusat
Telp 3918690

Bagi penggemar masakan Shanghai dan Betawi, warong ini termasuk salah satutempat yang tepat dikunjungi. Ketupat sayur ala Betawi ini, sayur kacang panjangnya tak terlalu pedas, santannya. Menu favorit adalah ketoprak japit Mbak Leha, yang disajikan spesial dengan dilapisi opak khas Betawi sehingga rasanya manis, sedikit pedas dan renyah.

Ketoprak ini bisa disebut sandwich nya Indonesia. Hidangan spesial lainnya adalah telor dadar Mpok Zaenab, rujak juhi
dan nasi semur lidahBetawi. Sedangkan menu makanan Shanghai andalan adalah sop buntut resep Shanghai yang disajikan dengan bumbu karamel, sehingga membuat rasa sop ini menjadi gurih dan sedikit kental manis serta menu ayam masak merah yang kental dengan aroma kayu manis dan rasa segar karena kandungan kulit jeruk di dalamnya.

90. Ratu Kepiting
Apartemen Wisma Gading Permai
Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading

Sesuai namanya, menu unggulan adalah kepiting saus padang, dimana bumbu dan rasa sambalnya lebih nendang, kuah kepitingnya lebih kental dan rasa pedasnya dicampur
dengan sedikit rasa asam dan manis. Rasakan nikmatnya daging putih kepiting bercampur saus padang pedas. Jangan
lupakan sayuran pendamping, terutama cah kangkung.

91. Porta Venezia Aston Sudirman,
Jl Garnisun Dalam No.8

Sesuai namanya, restoran ini menyediakan olah masakan Italia. Sebagai menu pembuka, bisa dicoba Funghi Ai Granci, yaitu jamur dibaluri keju dengan daging kepiting di atasnya. Menu utamanya….yang menjadi unggulan… Salmone Alia atau steak ikan salmon khas Italia.

92. Bakmi Toko Tiga
Jl KH Wahid Hasyim 63A

Merasa jenuh makan nasi? Bolehlah sekali-kali mencicipi menu olahan mie di tempat ini. Menu andalannya adalah mie ayam jamur dan lomie, rasanya... mie banget! Sebagai makanan
variasi, nggak ada salahnya dicoba udang cabe garamnya.

93. Healthy Choice
Jl Kemang Raya No.32, Jakarta Selatan
Telp 7198482, 7191229

Mau …menyantap menu lezat, badan tetap sehat wal afiat? Monggo… berpetualangmenikmati menu organic yang lezat dan sehat. Keunggulan resto ini adalah bahan bakunya berbahan organik nan segar alias tidak menggunakan pestisida. Sajian pembuka resto ini antara lain tower spring roll, yogi crispy mushroom, salmon croquet, fish fingerdan bruchetta.

Sedangkan menu utama adalah dorinos steam fish atau yang biasa dikenal sebagai ikan dori tim, dimana ikan dori sebagai bahan utamanya didatangkan khusus dari tempat asalnya, Vietnam.

Selain itu, menu organik lainnya adalah organic pasta, organic shabu-shabu, organic sandwich & burger,sampai sajian organic
steak & ribs.

94. Warung Pojok Pak Tris
Jl Poso No. 1E RT 005 RW 004
Jagakarsa, Jakarta Selatan
Telp 78891611

Warung ini menyuguhkan menu andalan berupa sop iga sapi dengan kuah yang mengepul. Dagingya lembut dan kuahnya pedas lada. Pak Tris juga menyediakan hidangan unggulan lain, seperti sop buntut dan bakso urat sapi.

95. Kafe Cali Deli
Jl Surabaya, Jakarta Pusat

Sandwich atau roti tangkup berisi daging ayam panggang serai
ala Vietnam merupakan salah satu menu favorit kafe ini. Pada daftar menu, roti tangkup ini disebut Lemongrass Chicken Sandwich.

Kafe ini memang berspesialisasi pada sandwich
ala Vietnam dan kopi Vietnam yang dinamai Black Magic untuk versi dingin dan Midnight Express untuk kopi panas.
Sebagai hidangan pembuka, boleh dipilih Clam Chowder yaitu sup kerang yang disajikan dalam roti Perancis berbentuk seperti mangkuk.

96. Nasi Campur dan Kari 89
Jl Pademangan 4 gg 18 dan gg 21

Jika pingin mencoba menu khas Pontianak, bolehlah mampir kesini. Nasi karinya hampir sama dengan versi Jawa, tetapi nasi campurnya lebih menyerupai nasi putih ditambah Sioke
& Siobak dengan kuah gurih agak berminyak.

97. Restoran Bebek Ginyo
Jl Tebet Dalam No.12, Jakarta Selatan

Tentu saja racikan hidangan bebek nan lezat menjadi menu andalan di Bebek Ginyo,yang tersaji dalam lima jenis hidangan
bebek, yaitu bebek goreng, bebek bakar, bebek baledo, bebek sambal hijau dan bebek kremes. Ada menu khas di resto ini: pepes bebek.

98. Nasi Goreng Babeh Sanim
Jl Pandurenan Raya
(Samping Masjid) Kuningan
Jakarta Selatan

Selain dimasak sop dan sate, kambing juga lazim digoreng bersama nasi. Hasilnya adalah nasi goreng kambing. Aroma
wangi memang akan tercium setiap kali kita hendak melahap sesendok nasi goreng bikinan Babeh Sanim. Itu wangi kelabat, semacam jamu yang biasa dipakai untuk bikin bumbu gule.

99. Dapur Buntut
Jl KH Abdullah Syafei 50D
Telp 8310555

Sop buntut dengan lemak yang menebal dan kuah yang gurih, sih, sudah biasa.
Nah,kali ini ada yang tak biasa. Yaitu sop buntut panggang bumbu barbeque, sop buntut rasa karamel dan sop buntut tulang lunak. Khusus sop buntut rasa karamel, rasa manis
karamel yang dipasangkan di buntut sapi tak terbayangkan rasanya. Karamel dalam irisan buntut setebal 2 cm ini
tidak sepenuhnya manis. Ada rasa pedas-pedas yang
muncul dari gerusan butiran kasar lada hitam. Juga rasa gurih dari campuran bawang.

100. Warung Mbah Jingkrak
Jl Bulungan 26, Kebayoran
Jakarta Selatan
Telp 7220891

Bagi penggila rasa pedas, warung ini cocok untuk memuaskan dahaga akan rasa pedas. Warung ini menyediakan spesial
masakan Jawa yang berbumbu ekstra-pedas,sehingga membuat penggemarnya jadi jejingkrakan. Beberapa menu yang jadi jagoan pedas adalah, ayam rambut setan, tempe jingkrak dan sambal iblis.
Untuk nasi, bisa dipilih nasi merah atau nasi putih.

Tentang Sate Tegal Batibul

Wednesday, July 21, 2010

Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal
Empuknya daging kambing muda berpadu dengan susu kambing Etawa


Jakarta - Kelapa Gading www.kulinerkuliner.com
Anda pasti sering mendengar kata warteg alias warung Tegal, tapi bagaimana dengan Sate Tegal? Memang belum setenar Sate Madura atau Sate Padang, tapi soal rasa hmmm... boleh diadu. Sate Tegal umumnya terbuat dari daging kambing yang masih berumur di bawah tiga bulan, sehingga dagingnya masih empuk. Jika Anda kebetulan tertarik ataupun gemar dengan kudapan ini tampaknya Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal yang lokasinya di Kelapa Gading Jakarta Utara bisa memuaskan selera makan Anda.
Selain sajian Sate Kambing yang istimewa And ajuga bisa menikmati Susu Kambing yang berkhasiat. Tertarik mencoba?
"The Menu" - courtesy of imansoe
Bagi Anda penggemar Sate Kambing, kriteria apa yang paling diharapkan dari Sate Kambing yang Anda makan? Empuk, tidak prengus, atau rendah kolesterol? Tahukah Anda ternyata daging kambing memiliki kadar lemak jenuh (saturated fat) yang lebih rendah daripada ayam. Padahal lemak jenuh sangat berpengaruh dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi bagi Anda penggemar segala olahan daging kambing tak perlu terlalu parno atau khawatir soal kolesterol. Apalagi takut untuk mengonsumsi Sate Kambing Khas Tegal ala Bang Awi yang tersohor kelezatannya. Walaupun demikian dalam menikmatinya disarankan dalam porsi sewajarnya.

Rumah makan Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal menempati ruko yang terletak di jalan Boulevard Raya Blok QJ Nomor 20 atau lebih tepatnya berada di dekat kompleks Perumahan Villa Permata Gading.

"Bagian Muka" - courtesy of imansoe
Sebagai penanda di Rumah Makan ini terpasang banner ukuran 0,6x5 meter berwarna biru muda dengan tulisan Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal berwarna merah dan kuning. Tempat pembakaran sate yang terletak pada bagian depan membuat aroma pembakaran yang harum terasa menggugah selera. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir soal parkir karena di depan rumah makan ini tersedia lahan parkir yang mampu menampung kira-kira 4-5 mobil. Jika penuh Anda masih bisa memarkir di bahu jalan sepanjang Jalan Raya Boulevard. Rumah makan Sate Kambing Batibul Bang Awi buka setiap hari mulai pukul 10 hingga pukul 11 malam.

Bagian dalam rumah makan Bang Awi terasa nyaman karena dilengkapi dengan pendingin ruangan.l Di ruang makan seluas 5x10 meter ini berjejer rapi kursi dan meja yang terbuat dari kayu jati dengan kapasitas 40 orang. Begitu Info Kuliner menempati salah satu tempat duduk yang tersedia seorang ramah berseragam kemeja batik Pekalongan datang menghampiri menawarkan menu andalan Sate Kambing, Sop Kambing, Teh Poci, dan Susu Kambing Etawa.

"Siap Menikmati" -courtesy of imansoe
Tak perlu menunggu lama dalam waktu kurang dari 10 menit pesanan Anda telah siap dihidangkan. Sekilas Sate Kambing khas Tegal ini terlihat seperti masih agak mentah alias belum terpanggang dengan baik karena warnanya pucat dan cokelat tua kehitaman seperti sate pada umumnya. Sambal kecapnya pun tidak dicampur dengan satenya melainkan terpisah. Kecap diletakkan di piring kecil dengan tambahan sambal terasi, sementara di piring kecil lainnya tersedia irisan bawang merah dan tomat yang dapat dicampurkan ke sambal kecap sesuai dengan selera.

Ternyata setelah sate dicocol dengan campuran kecap dan sambal terasi, sate yang tadinya polos dan pucat menjadi terlihat begitu menggiurkan dengan baluran kecap yang hitam saat digit, hmm.. dagingnya ternyata sangat empuk dan juicy. Sama sekali tak terasa mentah seperti kelihatannya, ini dikarenakan dagingnya berasal dari kambing betina muda berusia di bawah tiga bulan.

Rasanya begitu mantap karena rasa dagingnya yang gurih berpadu dengan kecap manis asli Tegal dan sambal terasinya yang manis pedas. Tidak terdeteksi sedikitpun bau prengus khas kambing yang biasanya hadir di setiap olahan kambing.

courtesy of imansoe
Agar bau prengus kambing hilang caranya setelah daging dibersihkan dan dipotong-potong, dan ditusuk dengan tusukan sate, lalu ditiriskan selama kurang lebih satu jam baru kemudian dibakar setengah matang. Setelah itu sate dicelupkan pada campuran susu kambing, minyak kambing (dihasilkan dari buntut kambing yang di gongso), dan bumbu halus yang terdiri dari campuran kunyit, jahe, dan lengkuas, merica, ketumbar dan bawang putih.

Penggunaan susu kambing dan minyak kambing di atas membuat citarasa Sate Kambing khas Tegal ini makin gurih, dan lezat. Tidak tercecap rasa amis ataupun prengus karena telah ternetralisir oleh penggunaan aneka rempah dalam bumbu sate. "Penggunaan susu kambing dan minyak kambing ini juga menjadi salah satu keunikan dari Sate Tegal," jelas Moh. Abdul Jamil sang pemilik rumah makan cabang Jakarta. Setelah sate dibumbui kemudian sate kembali dibakar sampai matang.

Untuk menambah kenikmatan dan menghasilkan aroma sate yang khas maka sang pemilik tidak menggunakan arang dari jenis kayu sembarangan namun menggunakan arang kayu asam yang khusus didatangkan dari Tegal. "Iya sengaja saya pakai arang kayu asam karena nanti aroma satenya jadi lebih harum dan tidak terlalu tajam menusuk seperti arang batok dari Jakarta sehingga rasanya lebih istimewa,' ujar Jamil.

Selain Sate Kambing khas Tegal, rumah makan ini juga menyediakan Sop Kambing Batibul alias kambing bawah tiga bulan. Sop Kambing ini terasa sangat gurih dan lezat karena menggunakan kaldu kambing dengan campuran bumbu seperti bawang putih, pala, lada, cengkeh. Selain untuk mempertajam citarasa penggunaan bumbu rempah juga dimaksudkan untuk menghilangkan bau prengus kambing dan memberikan efek hangat pada tubuh. Ditambah lagi campuran mirepoix yang terdiri dari batang seledri, wortel, bawang bombai dan daun bawang yang membuat aroma Sop Kambing ini menjadi harum dan makin memikat.

Sebagai teman menikmati hidangan tersedia juga Teh Poci khas tegal. Teh ini aromanya khas dan rasanya agak sepet. Hidangan minuman ini disajikan dengan gula batu dan lebih pas diminum selagi masih hangat agak panas. Kebiasaan minum Teh Poci atau Moci telah menjadi tradisi bagi orang Tegal, ini disebabkan pertumbuhan pabrik-pabrik teh di Tegal pada tahun 1930-an yang cukup pesat. Teh Poci khas Tegal ini disajikan dengan poci yang terbuat dari tanah liat dan diminum dengan menggunakan cangkir mungil yang terbuat dari porselen, sluuurpp...Nasgitel banget pokoke.

Selain Teh Poci yang khas, tersedia juga minuman sehat yang berasal dari kambing, namanya Susu Kambing Etawa (kambing Etawa adalah kambing keturunan India yang berbadan cukup besar dan memiliki tinggi 1 meter). Dari hasil survei di beberapa tempat Susu Kambing Etawa dikenal memiliki berbagai manfaat untuk tubuh seperti dapat menetralisir asam lambung, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, mengatasi masalah impotensi dan mengoptimalkan pertumbuhan pada anak.

Susu Kambing Etawa sangat dianjurkan untuk penderita penyakit TBC, asma, anemia, hepatitis, kram otot dan maag. Saat disajikan susu kambing ini terlihat biasa saja namun setelah diperhatikan ternyata susu ini lebih cepat mengental jika terlalu lama didiamkan, maka jika kita ingin meminumnya sebaiknya diaduk terlebih dahulu. Susu Kambing Etawa ini memiliki bau prengus khas kambing yang khas namun untuk mengatasinya disediakan Syrup Mocca, Strawberry, dan Cokelat agar susu ini tetap dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk anak-anak.

Semua makanan dan minuman yang tersedia harganya sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sate Kambing Batibul polos hanya Rp 2 ribu per tusuk, dengan tambahan hati menjadi Rp 2,5 ribu per tusuk, Sop Kambing Rp 13 ribu per porsi, Teh Poci Rp 4,5 ribu per poci dan Susu Kambing Etawa Rp 9 ribu per gelas. Berminat? Selamat mencoba. Anggi.

Resep Sate Kambing Khas Tegal
ala Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal

Bahan:

500 gr Kambing muda
500 gr hati Kambing

Bumbu Rendaman:
100 cc Susu kambing
300 ml Minyak kambing
2 cm Kunyit
2 cm Jahe
2 cm Lengkuas
2 sdm Merica
1 sdm Ketumbar
3 siung Bawang Putih
Garam secukupnya

Sambal Kecap:
Kecap manis secukupnya
2 buah Tomat, potong-potong
5 butir Bawang merah, potong-potong
1 sdm Sambel terasi

Cara Membuat:
Potong-potong daging dan hati kambing dengan ukuran 2 x 3 x 2 cm atau dengan ukuran sesuai selera. Setelah dipotong-potong tusuk sate dengan menggunakan tusukkan sate yang terbuat dari bambu, satu tusuk sate bersii 5 potong daging dan hati. Lalu tiriskan selama 1 jam.

Untuk membuat bumbu olesan, kunyit, jahe, lengkuas, merica, ketumbar dan bawang putih dihaluskan, lalu dicampur dengan susu kambing, minyak kambing dan garam, aduk hingga rata, sisihkan.

Setelah 1 jam, bakar daging kambing hingga setengah matang, lalu rendam dalam bumbu rendaman dan bakar lagi hingga daging kambing matang.

Siapkan piring hidang beri kecap dan sambal terasi, aduk rata, lalu letakkan sate diatas piring, dan campur rata dengan sambal kecap. Sajikan bersama dengan potongan tomat dan bawang merah.

Sajikan untuk 50 tusuk

Info Lebih Lanjut Dapat Menghubungi:
Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal, Jakarta
Jl Boulevard Raya Blok QJ7 No 20 Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp 0817810529, 081911511870
Tegal
Jl Raya II Ujungrusi Adiwerna - Tegal
Telp 0283-3448049, 081802889603

Info Kuliner Senin, 09 Juni 2008
______________________________________________________
Bahan baku didatangkan langsung dari Tegal 
(Anggi)

Kegigihan Syaiful Malawi (41) alias Bang Awi sang pemilik usaha Sate Kambing Batibul dalam membangun usaha patut diacungi jempol. Dari mulai usaha konveksi sampai menjadi peternak ayam pernah dilakoninya dan meskipun usahanya itu tidak berjalan lancar ia tetap gigih mencoba usaha lain. Ternyata usahanya di bidang makanan yaitu Sate Kambing Batibul menjadi buah dari kegigihanya selama ini.

Usaha ini pertama kali dirintis pertama kali dirintis Awi di Tegal pada tahun 1992. Seiring waktu berjalan usahanya semakin berkembang dengan pesat sehingga pada tahun 2007 Awi memutuskan untuk memperluas usahanya hingga ke Ibukota Jakarta. Kebetulan Awi mempunyai seorang adik yang berdomisili di Jakarta yaitu Moh Abdul Jamil (26) yang kini menjadi pemilik sekaligus pengelola Rumah Makan Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal cabang Jakarta.

Bahan Baku. Salah satu keunggulan rumah makan ini selain citarasanya adalah sebagian besar bahan baku yang digunakan dikirim langsung dari Tegal. Sebut saja kambing, arang kayu asam, bawang merah Brebes hingga kecap manis yang tidak akan Anda temukan di Jakarta.

"Kami memang ingin menyajikan sajian yang khas dari Tegal maka itu kami pun mendatangkan bahan bakunya langsung dari sana agar citarasa dan ciri khas Tegalnya semakin terasa," tutur Jamil yang hingga kini masih bekerja di Astra International.

Karyawan. Dalam menjalankan usahanya Jamil dibantu oleh enam orang karyawan. Masing-masing karyawan diberikan fasilitas yang sangat lengkap seperti makan, tempat tinggal, rokok dan kebutuhan sehari-hari lainnya seperti sabun, pasta gigi, shampo. Gaji yang mereka dapatkan berkisar antara Rp 1-1,1 juta tergantung lama bekerja.

Pelanggan
Meskipun usia Rumah Makan Sate Kambing Batibul Bang Awi Khas Tegal cabang Jakarta ini masih seumur jaging namun soal peminat dan pelanggan tak boleh dianggap remeh. Dalam sehari sekitar 800-1000 tusuk sate ludes terjual apalagi di akhir pekan bisa sampai 1500 tusuk. Ada beberapa public figure yang menjadi langganan tetap seperti Jaya Suprana, Ferry Salim, pebulutangkis senior Rudi Hartono, Bondan Winarno. "Bapak Sutanto sang Kapolri juga setiap bulan selalu memesan Sate Kambing Batibul ini," ujar Jamil sambil tersenyum. Anggi

Info Kuliner Senin, 09 Juni 2008

Chat Box dengan Kami

Follow by Email

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. Global Bekasi - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger